Selasa, 19 Januari 2010

Bermain Angklung

Dalam rumpun kesenian yang menggunakan alat musik dari bambu dikenal jenis kesenian yang disebut angklung. Adapun jenis bambu yang biasa digunakan sebagai alat musik tersebut adalah awi wulung (bambu berwarna hitam) dan awi temen (bambu berwarna putih). Purwa rupa alat musik angklung; tiap nada (laras) dihasilkan dari bunyi tabung bambunya yang berbentuk wilahan (batangan) setiap ruas bambu dari ukuran kecil hingga besar.
Angklung merupakan alat musik yang berasal dari Jawa Barat. Angklung gubrag di
Jasinga, Bogor, adalah salah satu yang masih hidup sejak lebih dari 400 tahun lampau. Kemunculannya berawal dari ritus padi. Angklung diciptakan dan dimainkan untuk memikat Dewi Sri turun ke Bumi agar tanaman padi rakyat tumbuh subur.
Dikenal oleh masyarakat sunda sejak masa
kerajaan Sunda, di antaranya sebagai penggugah semangat dalam pertempuran. Fungsi angklung sebagai pemompa semangat rakyat masih terus terasa sampai pada masa penjajahan, itu sebabnya pemerintah Hindia Belanda sempat melarang masyarakat menggunakan angklung, pelarangan itu sempat membuat popularitas angklung menurun dan hanya di mainkan oleh anak- anak pada waktu itu.
Nah pas tanggal 8 Januari kemarin, saya mengikuti training komunikasi yang diselenggarakan oleh Perusahaan tempat saya bekerja, setelah makan siang ternyata kita masing-masing diberikan satu buah angklung yang harus dimainkan oleh seluruh peserta training.....Woww alangkah senangnya....teringat 26 tahun yang lalu waktu saya masih duduk di kelas 4 SD Mekarjaya 29, mata pelajaran kesenian kami memainkan lagu Buyung Anakku Manis..

dan dapat nada "si"....kira-kira begini lagunya..(maklum dah rada berumur, jadi agak lupa2 gitchu dech)
..Buyung anakku manis..(3..3..5..3..2..1..2..3)
..mengapa menangis...(1...6..1..7..6..5..)
..hari telah larut malam..
..tidurlah..tidur...
balik lagi ke Jaman sekarang lagu yang dimainkan dari Kuburan band yang judulnya "lupa", syairnya seperti ini :
lupa....lupa...lupa...lupa
lupa syairnya....
ingat...ingat...ingat
judulnya...

Wuih...tadinya dah ngantuk2 mana hujan deras lagi...gara-gara angklung dan flash back beberapa tahun lalu, sekarang fresh lagi dong.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar